Inilah Jenis- Jenis Media Grafis Bergerak
Grafis bergerak merupakan seni
untuk menggerakkan objek dalam dimensi. Lalu, grafis bergerak ini berkembang
menjadi lebih kompleks dan menarik. Fungsi kreativitas membuat gambar bergerak
itu menuturkan karya seni yang memainkan imajinasi seseorang. Jenis Media grafis
bergerak dibagi menjadi 4 Macam:
1. Video film / cinematography
![]() |
Ruang membuat video Podcast |
Film adalah sebuah gambar- hidup yang juga sering disebut Movie. Film secara kolektif sering disebut sebagai sinema (Cinematography). Sinema itu sendiri bersumber dari kata Kinematik atau gerak. Film sebenarnya, merupakan lapisan- lapisan cairan selulosa, yang biasa dikenal para sineas sebagai pita seluloid. Jaman Sekarang sudah tidak seperti itu lagi dalam menggunakan peralatan tersebut. melainkan cara merekam gambar bergeraknya menggunakan kamera secara satu persatu ( Scene by Scene), setelah itu di edit menggunakan software edit video, untuk digabung dari video pertama ke video lainnya dan memisahkan bagian sudut video yang tidak terpakai.
2. Animasi
Gambar Animasi Yang Bergerak |
Animasi adalah gambar
bergerak berbentuk dari sekumpulan objek yang disusun secara beraturan, lalu
mengikuti pergerakan yang telah ditentukan dari masing- masing key frame
pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang
diatas bisa berupa gambar hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan, maupun tulisan.
Pada penemuan
awalnya, animasi dibuat dari berlembar- lembar kertas yang isi bentuk gambarnya
sama. Tetapi pose gambarnya berbeda- beda. Dengan bantuan Grafika komputer atau
komputer grafis, pembuatan animasi menjadi sangat mudah dan cepat.
Jenis- Jenis Dimensi
Animasi, dibedakan Menjadi 2:
·
Animasi 2D (dua dimensi), merupakan jenis
bentuk animasi yang terlihat dari bagian depannya saja. Yaitu Animator hanya
membuat beberapa gambar yang berurutan, lalu digerakkan agar objek terlihat
seperti nyata. Animasi dua dimensi dibuat oleh animator untuk menghibur
penonton, yang dimulai dari anak kecil sampai dewasa. Animasi dua dimensi
terdiri dari 2 bagian sumbu, yakni: sumbu X dan sumbu Y.
·
Animasi 3D (tiga dimensi), merupakan
animasi yang melibatkan objek bergerak yang muncul dalam ruang tiga dimensi.
Jadi bentuk animasi itu bahkan seolah- olah ada atau nyata (real) seperti
obyek yang ada disekeliling kehidupan kita. Animasi tiga dimensi terdiri dari 3
bagian sumbu, yakni: sumbu X, sumbu Y dan sumbu Z.
3. Augment Reality (AR)
Media interaktif Obyek maya ditampilkan ke obyek nyata hanya visualnya bisa ditampilkan melalui Webcam (Kamera wajah atau kamera USB) |
Augmented Reality
atau AR merupakan teknologi yang menggabungkan objek maya dua dimensi
atau tiga dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. Realitas berimbuh
atau kenyataannya adalah teknologi yang menggabungkan.
Teknologi ini banyak digunakan dalam
bidang-bidang kehidupan manusia, seperti kesehatan, militer, industri
manufaktur maupun dunia pendidikan. Teknologi AR juga dipakai untuk menyisipkan
suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya, lalu menampilkannya ke dunia
nyata melalui bantuan alat perlengkapan tambahan, seperti webcam, komputer, HP,
android hingga kacamata immersive.
Teknologi ini semakin
berkembang, yang awalnya diterapkan pada PC dan pada tahun 1990-an
bahkan sudah diterapkan pada perangkat mobile. Perangkat mobile dinilai
mendukung dalam pengembangan teknologi ini, hal itu tak lepas dari adanya
komponen hardware dan software yang dibutuhkan untuk
mengembangkan teknologinya. Salah satu software grafis untuk membuat Augmented
Reality (AR) ialah aplikasi Unity
yang Marker 3D-nya memakai foto yang sudah terdeteksi di Web Vuforia.
4. Virtual Reality (VR)
Game Maker yang disediakan dari Aplikasi Unity |
Virtual Reality atau VR ialah realitas
maya, yakni sebuah teknologi komputer yang dapat membuat pengguna mampu untuk
berinteraksi dengan lingkungan di dunia maya yang disimulasikan. Sehingga
terasa seperti di dalam lingkungan tersebut. Software yang digunakan dalam
membuat Virtual Reality (VR), ialah Aplikasi Unity dan Aplikasi Unreal
Engine. Software yang paling mudah dalam menciptakan Virtual Reality
(VR) ialah memakai software Unity. Karena, mudah dipelajari untuk pemula.
Terutama saat merancang dan membuat sebuah game.
Banyak orang juga
menyukai flow Unity yang membuat pengguna membangun dapat game menggunakan
sistem entitas sederhana (GameObjects) dan komponen (skrip). Ini
tentu masalah pendapat, tetapi cukup untuk mengatakan bahwa sebagian besar dari
Unity sangat intuitif dan mudah digunakan sebagai pemula. Disisi lain, Unreal
memiliki kurva belajar yang lebih curam dan tidak terorganisir dengan baik.
Tetapi Unreal 4 memiliki kemampuan grafis yang lebih baik untuk
mengembangkan game dengan tampilan triple-A. Termasuk juga open
source, yang secara efektif berarti Pengguna dapat mengakses source code
dan membuat perubahan pada mesin itu sendiri.
Adapun juga Media grafis ilustrasi visual atau cetak ( Grafis tidak bergerak)
secara etimologi, ilustrasi sendiri berasal dari bahasa Latin Illustrare yang memiliki arti yakni menjelaskan atau menerangkan. Sedangkan dengan secara terminologi pengertian ilustrasi merupakan suatu gambar yang sifatnya dan fungsinya itu untuk menerangkan pada suatu kejadian atau peristiwa.
Dalam bahasa Belanda yang disebut Ilustratie yang memiliki arti sebagai hiasan dengan gambar atau juga pembuatan sesuatu yang jelas. Lalu diimplementasikan kedalam media cetak /visual. Seperti: Grafik, Diagram, Bagan, Sketsa, Poster, Komik, Media Foto (Fotografi), kemasan produk, Papan Flanel, dan Bulletin Board.
1.
Grafik, Merupakan media visual yang
penyajian data perangkat melalui
perpaduan antara angka, garis,dan simbol.
2.
Diagram, yaitu media gambaran yang
sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik yang
biasanya disajikan melalui garis-garis simbol.
3.
Bagan, yaitu perpaduan sajian kata- kata,
garis dan simbol yang merupakan hasil ringkasan suatu proses, perkembangan,
atau hubungan- hubungan penting dalam media visual tersebut.
4.
Sketsa, Merupakan gambar yang sederhana atau kasar
yang melukiskan bagian- bagian pokok dari suatu gambar.
5.
Poster, yaitu sajian kombinasi
visual yang jelas, menyolok dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian
orang yang lewat mengenai suatu informasi iklan produk atau acara.
6.
Komik, yaitu bentuk kartun yang
mengungkapkan karakter dan menerapkan suatu cerita dalam urutan yang erat
hubungannya dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada
pembaca.
7.
Media Foto (Fotografi), ialah gambar diam
(Still Picture) yang artinya:
sajian visual dalam karya foto, dalam makna gambar tidak bergerak.
8.
Kemasan produk, adalah sebuah wadah untuk
tempat produk dan bisa dikatakan sebagai pembungkus. Adanya kemasan produk, ini
akan membuat pembeli tertarik karena tentu saja pertama kali yang akan dilihat
ialah visual atau gambar dari kemasannya.
9.
Papan Flanel, yaitu papan yang berlapis
kain flanel untuk menyajikan gambar atau kata- kata yang mudah ditempel dan
mudah pula di lepas.
10.
Bulletin Board, yaitu papan biasa yang
tanpa dilapisi kain flanel. Gambar atau tulisan biasanya langsung ditempelkan
dengan menggunakan lem atau alat penempel lainnya.
Berita Terkini:
Video Lainnya:
Komentar
Posting Komentar