Kenapa umumnya generasi beta setelah dilahirkan, memiliki karakter lebih suka terbuka tentang privasi dan lebih bersedia untuk berbagi informasi data pribadi generasi beta itu sendiri?

 




Generasi Beta (lahir di antara tahun 2025 sampai dengan tahun 2039) tumbuh dan dibesarkan dari kalangan generasi milenial atau z dalam era digital yang sangat berbeda daripada generasi sebelumnya. Berikut beberapa alasan, mengapa generasi beta lebih terbuka tentang privasi, dan lebih bersedia untuk berbagi informasi data pribadi generasi beta itu sendiri:

Faktor pengalaman digital sejak awal dilahirkan

Generasi Beta tumbuh dengan era teknologi digital yang amat pesat sejak lahir, sehingga mereka tidak memiliki pengalaman tentang dunia tanpa internet. Lalu, belum menguasai aplikasi media sosial dan sejenisnya. Sehingga, sangat dibutuhkan literasi atau edukasi lewat seminar pelatihan, yang harus diikuti para generasi milenial atau generasi z (sebagai audiens hingga pendamping) dan anaknya golongan generasi beta.

Normalisasi berbagi informasi

Media sosial dan aplikasi online, telah membuat berbagi informasi pribadi menjadi hal yang normal dan biasa-biasa saja.

Kurangnya kesadaran tentang keamanan privasi

Generasi Beta mungkin tidak sepenuhnya memahami tentang keamanan privasi dan tidak mengetahui risiko apa yang terjadi setelah berbagi informasi data pribadi. Hal tersebut, dibutuhkannya seorang pakar bimbingan tentang perlindungan data pribadi, khususnya diperuntukkan kepada generasi beta.

Pengaruh orang tua atau pengaruh budaya dari generasi sebelumnya

Orang tua maupun peran hasil kebiasaan dari generasi sebelumnya, akan sangat berpengaruh sekali ke lingkup karakter sosial generasi Beta, yang kemungkinan juga akan berperan dalam membentuk perilaku mereka tentang privasi dan berbagi informasi.

Kebutuhan akan validasi minta perhatian khusus

Generasi Beta mungkin memahaminya bahwa, berbagi informasi pribadi akan tertolong dan dapat membantu mereka untuk mendapatkan pengakuan suatu validasi dan perhatian khusus dari orang lain.


Komentar

Artikel